Ar135thya’s Blog

Jangan malas mas…!?

Guru yang ideal (art. 4)

Bagaimana jadi guru ideal?

Saya ingin banget jadi guru ideal. Seperti apa sih yang disebut guru ideal, untuk semua pihak, baik murid, kepala sekolah, orang tua ataupun masyarakat.
menurut Haz guru ideal tuh:

> guru yang ngajarnya bener2 niat, bukan kadang niat kadang kagak. Contoh: guru yang pas masuk cuma nyuruh muridnya ngerjain LKS, dan guru itu sendiri lagi nyantai2 di ruang kantor (makan gaji buta….)

>tampilkan ekspresi yang semangat, bukan dipaksakan semangat (karena ekspresi anda tidak bisa membohongi para murid….) soalnya kalo gurunya ekspresinya dah sangar gitu, otomatis muridnya bakalan takut duluan, mau ngajar dng kondisi seperti itu? biasanya kalo kondisi dah kayak gitu, muridnya susah berkembang, karena alasan “takut” itu…. tapi jangan terlalu santai dan suka bercanda (sama aja bohong donk kayak gitu)

>dan jadilah guru yang g bosen “diliat”. tampilkan kharisma anda, sejuk ketika dipandang, jangan pas diliat murid2nya mukanya mesem mulu, ^_^
banyak2lah tersenyum (tapi jangan senyum palsu, apalagi senyum licik….) gratis kok, kenapa g dicoba dari sekarang?

>perbanyak wawasan, cari materi yang up to date, lebih bagus lagi kalo itu jadi bahan perbincangan murid2 anda!

>ganti metode belajarnya, jangan cuma disuruh baca buku mulu, dijamin g bakal masuk deh tuh pelajaran! ganti metode bahwa “Nilai adalah segalanya” dengan “Pemahaman adalah segalanya” karena banyak murid2 yang cuma ngejar nilai (mau nyontek kek, ngebet kek, atau apalah itu…) *** fokuskan dengan pemahaman.

>pendekatan dengan murid pun sangat dianjurkan, tanyakan masalah2 apa saja yang dihadapi murid2 anda ketika belajar bersama anda, terbuka saja, jangan ada perasaan di hati murid “ah g enak ah, ntar nilainya dibikin jelek lagi” apalagi seperti ini “g enak bgt nih guru, ngebetein deh….” perhatikan masing2 ekspresi murid, kalau sudah jenuh jangan dipaksakan.

>bersedia bila di kritik, banyak guru2 sekarang yang besar gengsinya, g mau di kritik lah (padahal jelas2 dia itu salah) dan akuilah kesalahan anda jika anda berbuat salah, dan jangan pernah berpikiran kalau murid2 anda tidak bisa mengalahkan anda, ingat bahwa anda juga manusia. sebuah kata2 yang bagus yang diucapkan oleh guru terbaik yang pernah mengajari saya, “Kita semua sama-sama cari ilmu, sanda belajar dari saya dan saya pun belajar dari anda, jadi saya tidak heran jika suatu saat nanti anda2 ini akan melampau saya,….” intinya terbukalah jika ada murid yang lebih pintar dari anda. jangan anda “ngotot” dengan jawaban anda, siapa tahu anda bisa belajar banyak dari murid itu, OK!

>kalau untuk kepala sekolah dan para staf guru lainnya, usahakan anda menjadi contoh di sekolah itu. contoh: g pernah telat (apa jadinya kalau anda menyuruh murid anda telat tapi andanya telat… ^_^ ), dan jika anda dibilang cari muka oleh para staf guru lainnya, cuekin aja, nanti juga mereka ngerti sendiri kok, asalkan anda tetap KONSISTEN.
itu kuncinya…..

maaf kalo cuma bisa ngasih saran yang g bermutu….

regards
haz
———————————
belajar terus tanpa henti

Iklan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: